Jumat, 18 Maret 2011

Senthe Hitam (Alocasia Plumbea)


Berminat pesan Senthe hitam
hubungi 0821 378482 98 (Najwa Kinayah)
Kami menyediakan berbagai ukuran dari bibit sampai dewasa.



SENTHE HITAM
(
Alocasia Plumbea)

Senthe Hitam yang mempunyai nama Latinnya Alocasia Plumbea merupakan tanaman asli Indonesia (p. Jawa). Tanaman ini mempunyai ciri-ciri batang dan daun bagian bawah berwarna coklat kehitaman/keunguan, daun bagian atas hijau keunguan, getahnya pun memiliki warna yang sama dengan batangnya/coklat kehitaman

konon kegunaan tanaman yang unik ini mempunyai daya magic yang sangat luar biasa, seperti halnya dapat menjauhkan dari malapetaka, sial, mengusir mahluk halus, dll. Tanaman ini merupakan tanaman liar yang hidup di pinggir pinggir sungai. Keberadaan tanaman ini dulunya tak banyak mendapatkan perhatian dari penduduk, karena umbinya tidak dapat di makan dan getahnya bila kena kulit akan terasa sngat gatl menggigit sekali. Kalau toh di gunakan oleh masyarakat hanya di taruh di pojokan pekarangan untuk menolak bala saja.

Begitulah tanaman yang dalam masyarakat Jawa terkenal dengan sebutan Senthe Hitam. Nama tumbuhan ini tidak kalah bagusnya dengan nama - nama tanaman lainnya, yakni Alocasia macrorhiza. Habitat asli tumbuhan ini sudah jarang ditemukan, hanya daerah pedesaan yang masih alami saja dapat kita temukan habitat aslinya.

Seiring dengan tumbuhnya minat masyarakat mengkoleksi bunga, Senthe hitam mulai ‘naik derajat’. Tanaman ini sekarang menjadi bagian keindahan yang menghiasi taman rumah - rumah mewah, hotel maupun Apartemen. Tak heran, dalam beberapa waktu terakhir ini Senthe hitam mulai menjadi bahan pembicaraan hangat di masyarakat pecinta bunga.

Tumbuhan jenis umbi-umbian ini tak kalah menariknya dengan Anthurium dan lain-lainnya. Senthe hitam kini mulai diburu para penggemarnya baik dari lokal maupun non lokal. Bila kita cermati tanaman Senthe ini memang cukup menarik. Batangnya kokoh sementara daunnya melebar. Tak seperti lainnya daun Senthe tumbuh tegak (vertikal) sehingga terkesan lebih gagah. Tepi daunnya bergelombang dan di seluruh permukaannya terdapat tekstur yang indah, ditopang dengan urat-urat daun yang menonjol seperti atlit binaraga. Tanaman ini selalu tumbuh dengan memiliki daun ganjil 3 atau5 sangat unik memang.......

Perawatan tanaman ini cukup mudah dan tahan terhadap segala cuaca panas maupun hujan. Tinggi tumbuhan ini bisa mencapai 2 meter, tak berlebihan rasanya bila banyak pihak yang optimis tanaman ini mempunyai prospek yang cerah.

Berminat pesan Senthe hitam
hubungi 0821 378482 98 (Najwa Kinayah)

6 komentar:

  1. saya punya pohon sente hitam tinggi skitar 2 meter.pohonnya udah keras .gak lembek skitar 2 tahun umur.barang kali ada yg minat saya mau jual.

    BalasHapus
  2. Apakah bisa ditanam dg media air, untuk hiasan kamar ?

    BalasHapus
  3. Saya jatuh cinta sekali dgn tanaman yg satu ini..daya tariknya luar biasa membuat hati kepincut melihatnya��

    BalasHapus
  4. Saya punya subur sekali daunnya selebar nampan, padahal ditanam di depan rumah tanahnya sempit

    BalasHapus
  5. apakah bisa untuk tolak bala..katanya kok gitu

    BalasHapus
  6. pohon idaman saya tapi saya tidak punya..jika mulut saya terasa pahit sekali nelen ludah sakit yg kata orang kesambet...saya selalu direbusin pohon ini (batangnya aja yg direbus)dicampur jahe dikit biar seger...lalu dicicipi dikit. kalo gatal jangan diteruskan..tapi kalo kaga gatal diminum sampai habis...kalo sudah diminum tunggu reaksi beberapa jam langsung sembuh.

    BalasHapus