Selasa, 16 Oktober 2012

POHON KAPUK RANDU





Kapuk randu yg punya nama ilmiah Ceiba pentandra gaertn, merupakan tanaman tropis. Meskipun berasal dari Amerika Tengah dan Selatan, juga Karibia dan Afrika, kapuk randu juga dengan mudah dapat ditemukan di wilayah Asia, seperti Indonesia, Malaysia dan Filipina.


Ciri-ciri pohon kapuk randu:  Batang seperti tiang lurus berduri. Daun sedikit berwarna hijau. Bunga berwarna buram, berbau harum dan indah. Biji mengandung minyak dan bulu biji seperti sutera yang dinamai dengan kapuk. Biji berwarna hijau ketika masih muda dan kulit berwarna coklat setelah randu tua

Di Indonesia, pohon Kapuk paling banyak tumbuh liar di Pulau Jawa, terutama di wilayah wonogiri, Gunung Kidul, Karanganyar, Yogyakarta, dan masih banyak lagi. Dalam bahasa Jawa, kapuk sering disebut sebagai kapas jawa, kapok jawa atau pohon kapas sutra.

Tinggi batang ini bisa mencapai 70 meter, pohon Kapuk sering menarik perhatian dengan membuat ‘badai salju’ akibat helai-helai kapuk yang berguguran.

Manfaat dari si pohon Kapuk ini, 26% dr pohon kapuk adalah biji, yang biasa disebut klenteng. Biji kapuk ini mampu menghasilkan minyak goreng yang lebih baik dari minyak kelapa sawit. Kenapa? Karena minyak Kapuk tidak mengandung kolesterol, tidak berbau dan mengandung omega 3, 6, dan 9. Namun karena kandungan asam lemaknya tinggi, minyak kapuk ini gampang tengik, sehingga kurang direkomendasikan menjadi minyak makanan.

Minyak kapuk ini bagus dijadikan bahan bakar alternatif! Caranya mudah. minyak biji kapas ini harus melewati tiga proses, yaitu
-proses pengambilan minyak biji kapuk
-pemurnian minyak dan proses transesterifikasi.

Minyak hasil akhir ini bisa langsung dijadiin pengganti BBM. Sayang belum ada investor yang melirik.
Kulit buah kapuk juga cocok dijadiin bahan membuat kertas, sabun dan baking soda. Selain itu kandungan potasium dan abu di dalamnya membuat kulit buah kapuk pas dijadiin pupuk.
Di banyak lokasi, kapuk ditanam untuk reforestasi, konservasi air dan untuk mensuplai kayu bakar juga untuk pembuatan pagar. Selain itu, daun kapuk randu ini juga sangat bagus buat memperbaiki tanah.

13 komentar:

  1. Saya membutuhkan daun kapuk randu secepatnya..
    Jika ada yang bisa membantu saya mendapatkannya mohon hubungi email : firametaarummawarti@yahoo.com
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. meta@ jika ingin order daun kapuk saya punya banyak, bijinya juga ada.
      bisa order langsung/lewat tokopedia

      Hapus
  2. Bagaimana Cara membuat Ramuan sehingga dapat menjadi obat pengguna Herbal dan juga dapat membantu oarang sebagai obat yang ekonomis

    BalasHapus
  3. Saya butuh daun kapuk randu 100 lembar. Untuk obat anak saya. Hubungi Sumarsono.Perum Yadara Blok 2 non 24 Babarsari Yogyakarta. No HP 085725843722.
    email : pkmarsono@gmail.com.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika ingin order daun kapuk saya punya banyak, bijinya juga ada.
      bisa order langsung/lewat tokopedia

      Hapus
  4. Pohon Randu bisa kita temukan Di daerah Jawa timur arah ke Banyuwangi, ato daerah Pasuruan arahMenuju Gn Bromo...banyak sekali Di desa sekitar nya jg peternakan Leah.

    BalasHapus
  5. Permisi gan.
    Saya membutuhkan kulit kapuk sebanyak 10 kg
    Ada yg tau dmn saya bs mendapat kan nya?
    Mohon infonya gan
    andy.sidabutar94@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. padahal punya randu dirumah tapi gak tau manfaatnya sebanyak ini.. bisa buat kesehatan juga

      Hapus
    2. Andy@ cek email gan, saya punya.

      Hapus
  6. More info: www.kapukrandukaraban-pati.blogspot.com

    BalasHapus
  7. bagi yang ingin order daun randu/pohon kapuk bisa hubungi email : barokahpertanian12@gmmail.com.
    atau bisa order luwat tokopedia, ini linknya : https://www.tokopedia.com/barokahpertanian/daun-randu-daun-pohon-kapuk-segar-harga-per-helai
    untuk melihat produk2 yg kita jual, kunjungi : https://www.tokopedia.com/manage-product.pl?nref=pdlsthead&perpage=80
    terima kasih

    BalasHapus
  8. SAYA BUTUH BUNGKIL BIJI KAPUK.. 021-6680277

    BalasHapus